Home > Inspiration > Agung Gun Martin

Agung Gun Martin

Di jaman sekarang yang krisis panutan, dimana sangat sedikit orang yang bisa kita teladani, masih ada orang yang bisa kita jadikan referensi. Kita sebagai generasi muda tantanganya cukup berat. Di tengah lingkungan yang cenderung menarik kita dan menggoda kita untuk tidak mengikuti jalan yang lurus, mudah mudahan kita tidak terjerumus.

Berikut ini Aa gym menceritakan adiknya yang bernama Agung Gun Martin di acara Kick Andy. Silakan menyimak dialog berikut

Andy : Seorang Aa gym menceritakan tentang seorang adiknya bernama Agung Gun Martin. Agung Gun Martin ini lahir sempurna, normal pada awalnya, kemudian ketika dewasa dia semakin lemah dan pada akhirnya lumpuh. Tapi justru seorang adik inilah yang membuat Aa gym seperti sekarang.

Bisa cerita A’, apa sebenarnya yang diperbuat oleh Agung, sehingga anda begitu terinspirasi oleh dia?

Aa Gym : Maaf, kami sekeluarga berempat, saya paling besar diuji dengan kata orang kesuksesan bisa meraih prestasi baik di kelas. Apalagi sewaktu kuliah katanya sempat jadi ketua senat, ya sedemikian rupa lah berbagai prestasi. Sehingga percaya diri amat.

Pada waktu itu seakan sudah sukses, ketika pulang ke rumah saya dapati adik saya sudah semakin lumpuh. Tapi seperti melihat dunia baru yang membuat hati ini terpuruk.

Terutama adik saya ini jarang sekali mengeluh. Kalau kuliah, kuliah juga beliau itu pak. Di UNPAD fakultas ekonomi sehingga saya menggendongnya bergiliran dengan adik. Pernah ditanya, karena telinganya sudah semakin tidak mendengar. “Dik, kenapa masih memaksakan kuliah padahal sudah tidak terdengar, pake hearing edge lalu direkam. Beliau mengatakan “A’, kuliah itu ibadah. Saya belum tentu masih ada umur atau tidak. Tetapi saya ingin menyempurnakan kewajiban saya”.

Setiap katanya sederhana tapi seperti intan permata yang menjadi cahaya karena ibadahnya bagus walaupun sudah sulit bernapas, setiap malam harus digoyang-goyang badanya. Saya tanya, “Dik, kenapa tidak pernah mengeluh?”. Apa kata adik, “Untuk apa mengeluh A’, Allah sudah menciptakan semuanya dengan sempurna. Kalau orang lain bisa banyak amalnya dengan banyak berbuat kebaikan. Mudah-mudahan dengan bersabar ini bisa punya bekal pulang.

Selalu saja membuka hati saya.

Suatu saat adik saya pernah berkata begini sebelum meninggal, “Aa’, sehebat apapun Aa’ punya apa saja prestasi, Aa’ tidak akan bahagia sebelum Aa’ mengenal Allah yang menciptakan kita”.

Saya lihat adik saya ini kalau melihat ikan di akuarium, selalu air matanya itu menangis. “Kenapa dik?” “Lihat A’, betapa indahnya Allah menciptakan warna ikan ini.”

Ia bisa melihat sesuatu yang lebih indah dari apa yang dilihat oleh mata ini. Rupanya mata hatinya lah yang bisa melihat.

Dan akhirnya adik ini meninggal di pangkuan.

Andi : Pada usia berapa A’?

Aa Gym : Antara 21. Selama bersama adik saya ini terbukalah hati bahwa prestasi-prestasi yang diraih hanya baru prestasi topeng. Di sanalah saya mengenal bahwa orang yang lebih muda bisa jauh lebih matang. Orang yang tubuhnya lumpuh dan kata orang cacat. Tapi hatinya bisa lebih bening. Jadi malu terhadap prestasi yang diraih selama ini.

Andy : Jadi walaupun Agung itu adik anda, Tapi ternyata dialah orang yang menginspirasi anda

Aa’ Gym : Sangat menginspirasi

Andy : Yang memberi nasehat-nasehat yang kemudian menjadikan itu panduan hidup anda ke depan. Dan anda menyebutnya titik balik dalam kehidupan anda.

Aa’ : Benar, salah satu diantara kuncinya dengan adik ini. Saya waktu itu ibadahnya masih pas-pasan. Tapi adik ini yang walaupun mau merangkak selalu mau ke mesjid walaupun di gendong. Malam saya tertidur pulas , adik ini walaupun susah bangun dia tahajud. Waktu itu sibuk saya mengumpulkan uang, dengan ijin Allah adik ini sibuk membagi-bagikan rejeki yang ada.

Jadi malu pak.

Sepertinya yang dipikirkan hanya duniawi saja. Dan adik ini memang lebih menegenal Allah, lebih mengenal nabi Muhammad jauh lebih daripada saya. Sesudah itulah saya belajar banyak.

Mudah-mudahan setiap ganjaran yang diperoleh dari amal kebajikan yang dilakukan, pahalanya juga untuk adik ini. Insya Allah, amin.

Pembaca bisa mendownload dialog Aa gym di atas di sini

1. download kick andy – aa gym 4

2. download kick andy – aa gym 5

  1. hardiananto
    January 21, 2010 at 06:00

    cerita yang menginspirasi, sekaligus refleksi bagi diri kita…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

