Home > Kuliah > Ujian Mekanika Kekuatan Material

Ujian Mekanika Kekuatan Material

Mekanika Kekuatan Materlial adalah mata kuliah wajib teknik perminyakan ITB yang bisa diambil di semester IV. Isinya resultan gaya, tegangan, kesetimbangan, torsi, dan lain-lain, pokoknya ga jauh-jauh dari hukum newton. Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang paling saya kuasai. Bisa dibilang gue banget. Ya, karena di SMA saya telah menggelutinya selama bertahun-tahun, halah.

Mekanika Kekuatan Material yang dipelajari oleh mahasiswa teknik perminyakan sendiri adalah penerapan dasar mekanika yang cukup sederhana. Sebetulnya Mekanika Kekuatan Material ini lebih cenderung kepada jurusan Teknik Sipil, tetapi juga perlu dipelajari di Teknik Perminyakan. Misalnya saja bagaimana mendesain menara rig pengeboran seekonomis mungkin tetapi kuat dan mampu menahan beban. Artinya bahan yang digunakan tidak boros. Menggunakan baja yang banyak memang kuat. Tetapi kalau sedikit saja sudah cukup, kenapa harus banyak. Kira kira begitu.

Hingga kemudian ujian pun tiba.  Ketika soal sudah dibagikan, begitu saya melihat soalnya. Ini soalnya guampang bangeeet. Waktu yang diberikan kurang lebih 2 jam. Baru satu jam, soal sudah selesai saya kerjakan. Waktu sisa satu jam saya gunakan untuk meneliti kembali.

Setelah saya kumpulkan pekerjaan saya, kemudian di luar kelas saya cek kembali soal tadi. Saya tidak teliti !. Dari sekian susunan bentuk yang ada, terdapat satu kawat baja yang gaya arah sumbu Y nya lupa saya jumlahkan. Satu bagian yang kecil tetapi fatal. Bila dari awal salah, maka pekerjaan selanjutnya juga salah. Koq bisa lupa saya jumlahkan, duh.

Satu pelajaran yang sangat berharga. Mudah sekali bagi Alloh membolak-balikkan keadaan. Kalau dalam sehari-hari, seringkali dalam menghadapi masalah kita begitu mengandalkan akal, harta, relasi kita. Tetapi kalau Alloh sudah berkehendak, maka tidak ada satupun yang bisa menghalangi.

Kemudian saya sms kepada pak guru SMA saya, pak Diastono dan saya ceritakan ini semua. Tugas kita hanya berusaha. Hasil, biarlah Alloh lah yang menentukan. Kita memiliki kemampuan, kita memiliki potesi, dan kita memiliki keinginan untuk meraih sesuatu. Tetapi Jikalau Alloh menghendaki yang kita inginkan tidak tercapai, mudah sekali bagi Alloh. Alloh lah yang tahu apa yang terbaik bagi kita.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: