Home > Kuliah > Rekayasa lingkungan

Rekayasa lingkungan

Semester kemarin saya mengambil mata kuliah Rekayasa Lingkungan. Rekayasa Lingkungan ini adalah mata kuliah dari jurusan Teknik Lingkungan. Beberapa jurusan di ITB diwajibkan mengambil beberapa pilihan mata kuliah dari Teknik Lingkungan. Di antaranya Teknik Perminyakan.

Kenapa harus ngambil mata kuliah dari Teknik Lingkungan ?

Kalau di dalam industri perminyakan sendiri sangat erat kaitanya dengan isu-isu lingkungan. Ketika berhadapan dengan suatu kasus di dalam industri perminyakan, di dalam mengambil keputusan diharapkan keputusan tersebut adalah yang paling optimal. Karena suatu permasalahan bisa berkaitan dengan banyak aspek.

Beberapa waktu yang lalu pemerintah kita ikut menanda tangani semacam kesepakatan untuk menjaga lingkungan sedunia di Bali. Di situ terdapat paragraf yang isinya larangan kepada suatu negara untuk memiliki lahan yang memproduksi gas metan karena mengakibatkan pemanasan global.

Permasalahanya adalah pulau di Indonesia yaitu pulau Kalimantan, sekian kilo meter persegi lahan di sana adalah lahan gambut yang secara alami dapat memproduksi gas metan. Sedangkan pemerintah telah menanda tangani kesepakatan tersebut, artinya pemerintah harus mengelola sekian kilo meter persegi lahan gambut. Banyak ahli lingkungan di Indonesia yang sangat menyesali keputusan pemerintah ini. Secara ekonomi keputusan ini sangat merugikan bangsa Indonesia.

Pada konferensi di Bali itu, Amerika Serikat tidak ikut menanda tangani kesepakatan tersebut. Ya, karena mereka paham apa kompensasi jika ikut menanda tangani kesepatan tersebut.

Kita tidak tahu apa alasan pemerintah ikut menanda tangani kesepakatan tersebut. Sangat disayangkan apabila ternyata pemerintah kurang paham dengan kondisi lingkungan di Indonesia. Memang setelah menanda tangani kesepakatan tersebut, pemerintah mendapat sorakan dan tepuk tangan dari para demonstran di luar gedung konferensi. Tetapi apakah itu adalah keputusan yang paling baik? Toh masih ada pilihan lain yang bisa dipilih. Menunda kesepakatan juga merupakan keputusan.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: