Home > Serba-Serbi > Sinetron oh sinetron

Sinetron oh sinetron

Kalau lagi pingin pindah chanel, trus menemukan acara sinetron. Yang didapat adalah orang lagi marah-marah ga jelas, orang melotot, memasang wajah sinis, atau orang sedang nangis. Pusing ngliatnya!

Seringkali ada adegan yang tidak masuk di akal. Misalnya saja ada adegan pencuri manjat pagar rumah. Yang punya rumah bukanya lapor polisi atau teriak teriak ada maling,  tapi malah panik dan bingung sendiri nggak jelas.

Ada lagi di sinetron yang lain lagi. Di situ si pemeran utama, seorang laki-laki terluka parah sampe masuk rumah sakit gara-gara ketabrak gerobak bakso. Ada-ada aja. Padahal cuma ditabrak gerobak bakso doang.

Lalu bagaimana dengan adegan aktivitas sekolah ?

Kalau dilihat bagaimana adegan sinetron di kelas, isinya adalah guru yang galak. Seakan-akan sekolah adalah tempat yang menyedihkan.

Bandingkan dengan dorama Jepang

  • Dragon Zakura

Dragon Zakura ini bercerita tentang SMU Ryuzan, yang dikenal sebagai SMU bodoh karena semua yang bersekolah di sana adalah murid yang paling bodoh di negeri itu. Nilai rata-rata murid di sekolah itu adalah 36. SMA Ryuzan di ambang kebarangkutan, selain karena muridnya sudah bosan sekolah, guru-gurunya juga malas mengajar.

Tetapi kemudian datanglah seorang pengacara miskin bernama Sakuragi Kenji yang ingin menyelamatkan SMA Ryuzan. Sakuragi Kenji berkata bahwa SMA Ryuzan akan selamat jika banyak murid yang masuk ke sekolah itu.

SMA Ryuzan harus membuktikan bahwa sekolah itu layak dan cukup berkualitas untuk para murid dengan cara meloloskan 5 orang murid SMA Ryuzan ke universitas terfavorit di Jepang, yakni Universitas Tokyo (Todai). Tentu saja hal itu kemudian ditertawakan dan menjadi olok-olakan para murid dan para guru. “Mana mungkin SMA dengan nilai rata-rata 36 bisa masuk Todai?” ujar mereka. Namun, Sakuragi bersikeras dan mengumumkan pada seluruh anggota SMA Ryuzan, “Jika kalian ingin mengubah hidup kalian, masuk ke Todai!” ujarnya.

Ga kaya sinetron, cerita di Dragon Zakura mengandung banyak pelajaran. Keyakinan dan pantang menyerah. Silakan ditonton.

  • My Boss My Hero

My Boss My Hero menceritakan tentang seorang Yakuza (mafia Jepang) bernama Sasaki Makio, sangat jago berantem. Ayahnya yang merupakan seorang bos mafia ingin menyerahkan jabatanya kepada putranya. Masalahnya Sasaki Makio ini sangat bod*h, SD belum lulus.

Sasaki Makio pernah diutus oleh ayahnya untuk bertransaksi dengan klien. Gara gara tidak bisa berhitung, transaksinya gagal total. Untuk itu ayahnya memasukkan Sasaki Makio ke SMA untuk kembali sekolah.

Di situlah perjuangan Sasaki Makio.

Dia harus belajar untuk bisa lulus SMA. Di situ diperlihatkan bagaimana Sasaki Makio harus menahan kebebasanya sebagai seorang mafia. Dan dia menemukan bahwa ternyata sekolah adalah tempat yang sangat menyenangkan.

Meskipun begitu, tidak semua sinetron Indonesia jelek.

  • Para Pencari Tuhan

Para Pencari Tuhan menceritakan bahwa tidak ada kata terlambat untuk bertobat. Seperti yang kita tahu, Para Pencari Tuhan biasanya muncul di bulan ramadan.

Kita bisa melihat perbandingan kualitas sinetron sama dorama Jepang. Silakan dicek..

  1. ujair
    July 2, 2010 at 20:02

    my bos my hero ngocok perut
    episod 6 ama 7
    LOL

    kalo sinetron bikin pusing, ga usah ditonton bro
    kualitasnya memang masih rendah
    aktingnya itu itu aja

  2. adji
    July 4, 2010 at 10:03

    my boss my hero yang episode awal ada yang konyol juga
    tapi cukup ilmiah
    hehehe

    memanfaatkan prinsip gerak parabola
    jarak maksimum dicapai ketika sudut 45 derajat
    pinter juga idenya dipake buat lompat ke gedung sebelah pake gantole
    buat balapan nyari puding

  3. ariefh
    July 4, 2010 at 10:23

    hahaha LOL
    si makio di luar sekolah jadi mafia
    di sekolah malah diperes ama temen sekelasnya

  4. Adji
    July 5, 2010 at 14:13

    Sasaki makio : Yoozh !

  5. Peminat OVJ
    February 22, 2012 at 21:14

    Gue jadi bingung ama sinetron indonesia yang malah bikin ngawur….coba bikin sinetron kayak para pencari Tuhan.kan asik…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: