Home > Kuliah > KP Pertamina EP, TM ITB 2010

KP Pertamina EP, TM ITB 2010


Kemaren saya kerja praktek di Pertamina EP bersama 5 orang temanku dari ITB; Ilham Rusdiana, Dorothea Petra, Dian Simatupang, Taufiq Ardiansyah, dan Tito Sumirat. Tadinya ber-enam dapat lapangan pengeboran di Pulau Bunyu Kalimantan Timur. Namun karena ada peralatan pengeboran yang rusak, pengeboran di Kalimantan di bulan Juli kemarin ditunda.

Karena bulan Agustus udah mulai kegiatan kuliah, terpaksa kita pindah lapangan ke daerah Jawa barat yang lagi on.

Kita kerja praktek 2 minggu di kantor Pertamina EP, 1 minggu di lapangan, 1 minggu buat bikin laporan.

Kantor Pertamina EP ada di Standard Chartered Tower.

Kita ada di bagian drilling di lantai 26. Tempat favorit kita di sana  adalah pantry. Pantry fungsinya tempat buat nyantai. Kita suka ke sana karena minumanya gratis. Dasar mahasiswa, suka yang gratis gratis hahahaha😀.

Kalo pingin minum tinggal pencet tombol; ada kopi susu, kopi jahe, sama cokelat. Ada juga nutrisari sama teh tapi bikin dan aduk sendiri.

Waktu pertama dateng ke Pantry kita masukkan koin gopek ke mesin pembuat minuman, padahal ga usah pake koin, tinggal pencet. Hahahaha

Selain ngantor, kita juga jalan-jalan ke Bundaran HI, GI (Grand Indonesia), Monas, TMII. Kalo di Jakarta mau kemana-mana lebih murah naik busway. Sekali masuk halte busway Rp.3500,- Kalo udah masuk halte, mau pergi kemana aja ga usah bayar lagi, tinggal naik busway ke jurusan yang diinginkan.

Di GI ada tempat shopping. Tempat nongkrong para artis tipi. Harga di sana ga tanggung tanggung. Pakaian satu potong harganya 300.000 ke atas. Ada celana jeans 1 potong dibandrol dengan harga 1,5 jt. Kalo dilihat dari luarnya ga jauh beda ama yang di pasar-pasar. Mungkin kalo dipake jadi adem kali ya bisa mahal gitu. Tapi ga deh, sayang duitnya.

Untuk kerja praktek di lapangan, kita di bagi jadi tiga group secara acak. Saya dan bang Tito dapet Tanjungsari Subang, Ilham & Dian di Pegaden Subang, Taufiq & Petra di Tambun Bekasi. Lapangan di Tanjungsari lokasinya di tengah sawah. Jadi inget desa saya euy..

Sebelumnya kami membayangkan kalau orang yang bekerja di lokasi pengeboran itu kasar dan suka nyebut isi bonbin. Ternyata tidak. Waktu di lapangan, justru mereka rajin sholat dan kocak-kocak. Baik hati deh pokoknya.

Di lokasi pengeboran kita wajib pake pakaian safety; safety shoes, helmet, sama coverall. Dan di sana kita juga kudu memperhatikan rambu-rambu, mana saja daerah yang terdapat hazard.

Di lokasi pengeboran, makanan terjamin. Makananya enak-enak. Rasa kenyang belum hilang dah datang jadwal makan lagi. Ini saya jadi sedikit lebih gemuk.

Kerja Keras Huh Hah Huh Hah !!!

Tetapi yang paling penting dari kerja praktek ini adalah mencari ilmu. Ilmu bener-bener luas. Ilmu tidak hanya kita duduk belajar di kelas, tetapi ilmu bisa didapatkan di mana saja. Untuk itu kita terus belajar dan belajar. Semangat!

  1. fauzi
    August 6, 2010 at 18:38

    kapan mas arip pulang

  2. aya
    August 7, 2010 at 11:09

    ceileee…………
    Mas Arip nggaya….nih

  3. ariefh
    August 7, 2010 at 11:24

    @ fauzi : ntar tanggal 4 september mas arip pulang
    @ soraya : ya iya dong, sesekali bergaya. gimana rasanya sekolah di sma mta ya?

  4. aya
    August 7, 2010 at 12:41

    ya…….biasa bobok d kelas….
    pr numpuk ,,,,,,banyak tugas….
    dll
    tapi ya lumayan menyenangkan meskipun banyak virus penyakit yang menyerang….:'(

  5. ariefh
    August 7, 2010 at 17:16

    katanya pingin jadi anak baik dan sholihah masuk sma mta
    koq malah bobok di kelas.

    virus apa ya?

  6. aya
    August 7, 2010 at 17:21

    lha sebenernya aya ga ngantuk tapi begitu gurunya masuk rasanya viruz ngantuknya ikut masuk….:'(
    viruz batuk,,,pilek,,,,harves….dll

  7. ariefh
    August 7, 2010 at 17:37

    hedeh
    semangat ya sekolahnya.

    belajar kayak mas uyik itu lho.
    hohohoho

  8. aya
    August 7, 2010 at 17:39

    iya …….
    oke….deh tak usahain….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: