Home > Serba-Serbi > Galveston, Dallas, Texas

Galveston, Dallas, Texas

United States of America memberikan otonomi penuh kepada negara–negara bagiannya. Pemerintah pusat hanya mendapatkan pajak dari negara bagian. Jadi jika suatu negara bagian kaya raya, maka kesejateraan mereka boleh mereka manfaatkan sendiri.

Ada dua negara bagian yang sangat makmur dan terkenal karena tanah mereka yang kaya akan emas dan migas; California dan Texas. California atau golden state, dijuluki demikian karena penemuan besar emas pada tahun 1849 (California Gold Rush). Sekarang bahan tambang mereka sudah habis, dan rakyatnya makmur sejahtera. Andaikata California sebuah negara merdeka, dia akan berada dalam posisi ke-9 ekonomi paling maju di dunia. Begitu juga dengan Texas dengan kekayaan migasnya yang sukses ditransfer menjadi kemakmuran warga dan kemegahan kota – kota nya.

Bagaimana dengan Indonesia ?

Seorang teman Mas DA (panggilan akrab Prof. Doddy Abdassah) sewaktu kuliah di Amrik dulu datang berkunjung ke Indonesia, Prof.Lee namanya. Provinsi Riau memiliki lapangan minyak bumi terbesar di Indonesia dan cadanganya tidak kalah dengan yang ada di Texas. Maka Prof. lee berkunjung ke lapangan- lapangan migas seperti Duri dan Minas, kemudian kota Dumai, serta Pekanbaru.

Namun Mr. Lee hanya kebanyakan diam ketika mengunjungi Kota Pelabuhan Dumai. Setelah beberapa kali ditanya kenapa, Mr. Lee hanya berkata “I imagined that, Dumai just like Galveston” (Galveston adalah kota pelabuhan yang megah di selatan Texas).

Begitu juga saat mengunjungi Pekanbaru, Mr. Lee hanya diam. Saat makan malam, Beliau berkata “I thought, Pekanbaru just like Dallas..”Rupanya bayangan Mr.Lee tentang “kota minyak” yang ada di negara kita melenceng jauh. Sangat berbeda dengan Galveston atau Dallas…

“Yah, inilah tugas kita selanjutnya, untuk benar-benar mentransfer kekayaan alam milik kita sendiri menjadi kesejahteraan rakyat kita”, pesan Mas DA menutup cerita sekaligus kuliah pendahuluan Teknik Gas Bumi.

** bagaimana dengan Papua..  bandingkan dengan California, yang sama2 kaya emas.. ??!!**

[ditulis kembali dari tulisan Boby Dilon, mahasiswa teknik perminyakan ITB 2007, dengan sedikit perubahan]

  1. Aya
    August 22, 2010 at 10:19

    lho ithu fotonya mas arip waktu kapan??????????
    kok nggak pake baju…..
    ayo ayo bajunya d pake dulu ntar masuk angin lho,,,,,,,,,

  2. ariefh
    August 22, 2010 at 15:14

    itu bukan mas arip tau!
    itu masyarakat papua
    sembarangan aya’ nich

    kasihan mereka ya..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: