Home > Kuliah > Lika-Liku Ujian Selama Kuliah

Lika-Liku Ujian Selama Kuliah

Pada waku itu saya masih semester V di bangku kuliah. Ada salah satu mata kuliah di jurusan saya yang menjadi momok bagi semua mahasiswa, yaitu BOR atau drilling. Kenapa menjadi momok? Sebab dari tahun ke tahun banyak sekali yang mengulang mata kuliah ini alias tidak lulus. Ujian BOR ini sulit karena kecepatan dan ketelitian menjadi kunci. Ada yang berkomentar ujian BOR ini seperti mustahil diselesaikan dengan waktu yang telah disediakan. Bahkan ada juga yang berkomentar kalo misalnya dosenya disuruh ngerjain duduk bareng mahasiswa, belum tentu dosenya juga bisa selesai. Karena saking banyaknya langkah-langkah yang harus dikerjakan.

Tetapi kita tetep patuh sama pak dosen dan tidak protes terhadap soal yang diberikan. Ujian BOR ini adalah sebagai pendidikan dan penggemblengan. Karena nanti kalau kita bekerja, kita harus cepat dan teliti. Kalau kerjanya ngawur bisa-bisa jadi blow out seperti lumpur lapindo.

Ketika itu ujian BOR diadakan di hari Senin. Seperti biasa sehari sebelum ujian biasa ada belajar bareng dan tutorial dari asisten. Padahal hari minggunya saya ada acara pengajian. Di situlah saya harus memilih, kalo ikut pengajian berarti ga bisa ikut tutorial dari asisten. Sebetulnya di hari-hari sebelumnya saya juga sudah mencicil belajar buat ujian, tetapi tutorial kan juga penting. Padahal biasanya tutorial yang diberikan menjadi kunci untuk memahami konsep dari materi yang akan diujikan. Tetapi kalo ikut tutorial, berarti harus ijin tidak ikut pengajian.

Pikiran saya kalo tidak ikut tutorial, bisa-bisa nanti ga lulus. Tapi kalo ga ikut pengajian sekali dua kali kan ga apa-apa. Lagi pula tugas utama saya kan jauh-jauh ke Bandung buat kuliah. Akhirnya saya putuskan memilih untuk belajar bareng teman-teman dan tidak ikut pengajian.

Tiga kali saya tidak ikut pengajian, karena ujian satu semester ada tiga kali ujian. Dan ternyata hasilnya saya TIDAK LULUS. Saya mendapatkan nilai E. Saya harus mengulang di tahun berikutnya.

Dari sini saya berpikir, apa yang salah. Apakah karena saya mengabaikan kegiatan mengaji saya?

Kemudian selanjutnya di semester VI ada mata kuliah Artificial Lift. Berdasarkan pengalaman dari kakak tingkat, mata kuliah ini juga cukup banyak yang ga lulus. Ujian Artificial Lift diadakan di hari Jumat. Sedangkan di hari kamis malam ada pengajian. Berbeda dengan yang tadi, pengajian yang ini tidak ada pengabsenan. Kalaupun tidak ikut pengajian tidak perlu izin.

Tetapi saya ingin merubah pola belajar saya. Saya ingin mencoba ikut pengajian di malam sebelum ujian. Lalu kapan belajarnya? Saya belajar di malam sebelumnya. Berarti Rabu malam saya belajar, Kamis malam pengajian, lalu Jumat pagi ujian.

Dan ternyata ajaib. Saya mendapatkan nilai A.

Apakah ini pertolongan dari Alloh?

Begitu juga di tahun berikutnya ketika saya mengulang mata kuliah BOR. Ujian diadakan di hari Jumat, dan di Kamis malamnya saya ikut pengajian. Lagi-lagi ajaib. Saya mendapatkan nilai AB.

Dan terakhir beberapa hari yang lalu saya ujian komprehensif. Ujian yang materinya dari awal hingga akhir kuliah semuanya harus dipelajari. Padahal saya sendiri tidak terlalu suka menghafal. Bisa ditebak hasilnya. Kemarin 2 kali saya tidak lulus ujian komprehensif. Tetapi masih ada 1 kesempatan lagi. Ujian ke 3 diadakan hari Senin. Tetapi hari minggu kebetulan pengajianya libur. Akhirnya saya mencari-cari pengajian lain dan di malam minggu ternyata ada silaturahmi pengajian di DT. Akhirnya saya ikut pengajian di situ.

Dan Alhamdulillah hari Senin ujian komprehensif saya lulus.

Ada satu nasehat dari teman kost saya. Ujian semester dan lain-lain itu kan hanya masalah dunia.

Benar juga apa kata teman saya itu. Jangan sampai masalah dunia justru membuat lalai ibadah kepada Alloh. Kalaupun kita sudah beribadah kepada Alloh ditambah dengan kita sudah berusaha maksimal, dan ternyata hasil yang diterima jelek, pastilah ada hikmah dibalik itu. Dan itulah yang terbaik bagi kita.

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

