Home > Serba-Serbi > Bicara Dikit Tentang Kondisi Ekonomi Dunia

Bicara Dikit Tentang Kondisi Ekonomi Dunia

Bila kita mendengar negara Amerika Serikat, Spanyol, Italia, Portugal, Irlandia, Yunani maka yang terbayang di benak kita adalah negara-negara maju yang sangat mapan dan memiliki fasilitas publik yang nyaman. Tetapi siapa yang menyangka bahwa negara-negara tersebut saat ini ekonominya semakin memburuk dan dililit hutang, jadi antara pendapatan di negara tersebut tidak sebanding dengan pengeluaran. Di televisi kita bisa menyaksikan masyarakat di sana demo memprotes pemerintah terhadap kondisi negaranya yang dilanda krisis.

Yunani yang memiliki leluhur orang-orang terkenal seperti Plato, Aristoteles, Descrates, dan Socrates ternyata juga bisa bangkrut. Bahkan Yunani terancam untuk dijual, bayangkan!

Kenapa negara-negara maju seperti mereka justru collapse ekonominya. Manajemen yang salah atau bagaimana, entahlah.

Negara Asia yang sebelumnya dianggap sebagai “underdog” seperti China dan India, saat ini perekonomianya tumbuh pesat. China diprediksi akan leading hingga jangka panjang. Namun terdapat kebijakan pemerintah China yang akan menjadi masalah bagi negaranya. Yaitu satu keluarga maksimal memiliki 1 orang anak. Apabila kebijakan ini tetap dijalankan dalam jangka waktu yang panjang, maka 20 atau 30 tahun yang akan datang bentuk piramida penduduknya akan terbalik. Jumlah orang tua akan sangat banyak dan jumlah anak muda sedikit. Sehingga para pemuda di China di masa yang akan datang harus menyokong banyak sekali orang yang sudah tua dan tidak bisa bekerja, dan hal ini menjadi masalah bagi China.

Bagaimana kondisi perekonomian dunia ke depanya, termasuk di Indonesia ? Mari kita lihat saja..

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: